Jenis Batu Akik Paling Indah, Laris dan dicari oleh Kolektor

Jenis Batu Akik Paling Indah, Laris dan dicari oleh Kolektor


Demam Batu Akik masih melanda di Indonesia, Berbagai jenis batu akik banyak diburu oleh para kolektor batu mulia. Mereka rela merogoh kantong agak dalam demi memperoleh batu akik yang diidamkan.

Jenis batu akik yang terdapat di Indonesia memang sangat beraneka ragam, hampir di seluruh daerah di nusantara  yang merupakan penghasil batuan mulia ini memiliki ciri khasnya dan keunikan masing – masing.

Dari beberapa jenis batu akik yang paling indah dan banyak dicari dan diburu oleh kolektor adalah sebagai berikut: 
  1. Batu Akik Bacan, Batu akik yang berasal dari Pulau Kasiruta, Halmahera Selatan wilayah Maluku Utara, batu akik ini sangat diminati bahkan sampai kolektor mancanegara pun juga ikut berburu batu ini. Salah satu yang membedakan jenis batu akik ini dengan lainnya adalah bahwa batu ini dikatakan batu hidup atau bisa bermetamorfosa secara alami, warna bercak hitam semakin lama akan menghilang dan berubah menjadi warna hijau kristal. Jenis batu bacan yang paling populer adalah jenis batu bacan doko dan batu bacan palamea.
  2. Batu Akik Kalimaya , Jenis batu akik Kalimaya yang paling indah berasal dari daerah Banten, walaupun jenis batu ini juga terdapat di Afrika dan Australia, jenisnya beragam antara lain Batu kalimaya Black Opal, Kalimaya Teh, Kalimaya Susu, kalimaya Bensin.
  3. Batu Akik Sungai Dareh, Jenis Batu akik ini berasal dari Sumatera Barat, ciri khas berwarna hijau kristal seperti giok
  4. Batu Akik Giok, Batu giok ini dikenal berasal dari daratan Cina dan biasanya berwarna Hijau, sedangkan di Indonesia  Batu giok terbaik berasal dari Aceh dipercaya dapat membantu memberikan ketenangan dan memberikan nilai tambah kharismatik kepada pemakainya.
  5. Batu Akik Kecubung Kalimantan, yang terbaik berasal dari Pangkalanbun, Jenisnya beragam diantaranya batu akik kecubung wulung, Kecubung Teh, Kecubung Es, Kecubung Tanduk, nama lainnya disebut batu asihan atau dipercaya dapat memberikan rasa kasih sayang kepada pemakainya.
  6. Batu Akik Blue Safir, jenis Batu ini termasuk batu mulia, yang paling terkenal dan mahal yaitu berasal dari Birma. Batu ini sangat indah berwarna biru muda atau biru tua, semakin tua warnanya akan semakin mahal.

Related Posts: